Libur Sekolah Telah Tiba, Main ke Bogor yuk!

Halo, ibu! Apa kabar? Semoga kabar ibu selalu sehat dan bahagia.

Tak terasa libur sekolah telah tiba, momen yang selalu ditunggu anak-anak setelah setahun penuh belajar di sekolah. Sudah punya rencana apa ibu dengan keluarga? Kalau belum ada rencana, kenapa tidak main ke Bogor?

Jarak tempuh yang relatif tidak terlalu jauh dari Jakarta, bisa menjadi pilihan tepat ibu dan suami untuk mengajak anak-anak bermain, belajar, sekaligus membuka ruang untuk dapat berinteraksi dengan hal baru sambil mengisi waktu liburan. Siapa tahu Bogor menjadi ide yang menarik untuk liburan kali ini.

Memilih lokasi liburan tentu bukanlah perkara yang mudah bagi Ibu, letak bahkan tema serta kegiatan yang ditawarkan di setiap lokasi liburan pun menjadi bahan pertimbangan ibu dan keluarga. Untuk ibu yang tinggal di Jakarta atau sekitarnya, Bogor bisa menjadi salah satu alternatif pilihan sebagai destinasi wisata bersama keluarga lho.

Bogor yang dikenal dengan sebutan kota hujan ini, dikenal juga sebagai kota yang memiliki beragam objek wisata ramah anak dan keluarga. Pada kesempatan kali ini saya ingin merekomedasikan lokasi liburan ramah anak yang ada di Bogor, siapa tahu bisa menjadi inspirasi liburan ibu dan keluarga

KEBUN RAYA BOGOR

Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor

(0251) 8l311362

Instagram: @kebunrayabogor

Buka: Setiap hari, 08.00 – 18.00 WIB

Tiket Masuk: Rp 15.000,-/orang dan Rp 25.000,- untuk mobil

Fasilitas: Sekitar 15.000 species tumbuhan, Laboratorium, Penginapan, Penjual Tanaman, Museum Zoologi dan café.

Kebun Raya Bogor (Foto sumber : Jabarnews)

Taman raksasa yang berada di jantung kota Bogor ini adalah area sempurna untuk melakukan kegiatan yang seru nan edukatif bersama keluarga. Ibu dapat mengajak anak-anak untuk bermain kejar tangkap di area rumput hijau yang luas atau sekadar duduk santai sambil menikmati segarnya udara Bogor. Selain itu, disini juga anak-anak dapat belajar serta mengenal beragam jenis pohon dan tumbuhan yang berada di area Kebun Raya Bogor.

Selanjutnya bila ibu dan keluarga merasa lelah namun tak ingin beranjak dari Kebun Raya Bogor, piknik bisa menjadi penutup kegiatan bersama keluarga. Jangan lupa, sebelumnya ibu sudah menyiapkan ragam makanan untuk disantap bersama dan membawa tikar untuk alas menyajikannya.

bermain di Kebun Raya Bogor

 

KUNTUM FARM FIELD

Jl. Raya Tajur No.291 Sindangrasa, Bogor

0877-2078-1000

Instagram: @kuntumfarmfield

Buka: Setiap hari, 08.00-18.00 WIB

Tiket Masuk: Rp 40.000,-/orang

Fasilitas: Flora dan Fauna yang berkaitan dengan bidang pertanian, peternakan dan perikanan, Penjual Tanaman, serta Pemandangan Alam yang Sejuk dan Asri.

Pintu Masuk Kuntum Farm Field (Foto sumber : google)

Bila ibu dan keluarga berada di Bogor, Kuntum Farm Field wajib dikunjungi. Motto Back To Nature, No Chemical & Friendly Environment yang diusung objek wisata agro yang bersifat edukatif, Kuntum Farm Field ini sangat menyenangkan. Di sini terdapat berbagai peternakan hewan (sapi, ayam, bebek, ikan, dsb) dan ragam sayuran organik, yang berfungsi untuk mengenalkan anak kepada hewan ternak, pertanian dan perikanan.

Banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan disini, biasanya kegiatan yang menjadi favorit anak-anak adalah melukis caping dan bakul, berkuda, berinteraksi serta memberi makan hewan ternak, memanen sayur organik, melihat kerbau albino sampai membajak sawah.

Games tangkap ikan pun menjadi area kesukaan anak-anak lho, karena disini mereka berlomba menangkap ikan. Siapkan baju ganti ya ibu, karena si kecil pasti akan kotor dan basah.

salah satu area di Kuntum Farm Field

 

DEVOYAGE BOGOR

Jl. Raya Boulevard CBD No. STA 004200 Bogor Nirwana Residence, Bogor.

0878-8522-2459

Instagram: @devoyagebogor

Buka: Setiap hari, 09.00-19.00 WIB

Tiket Masuk: Weekday Rp 25.000,- dan Weekend Rp 35.000,-

Fasilitas: Miniatur Kota Eropa, Perahu Gondola, Taman Bermain, Resto & Café.

De voyage, Bogor (foto sumber: travelingyuk.com)

Ingin menikmati suasana Bogor rasa Eropa? Ibu dan keluarga bisa mengunjungi tempat wisata kekinian Devoyage Bogor, yang menyuguhkan suasana layaknya di Eropa.

Tempat wisata yang memiliki konsep liburan, berfoto dan kuliner ini, dilengkapi berbagai fasilitas seperti rumah bergaya Eropa dengan cat warna-warni, miniatur Menara Eiffel, rumah kincir khas Belanda, taman bunga, café dan restoran dengan menu Eropa, hingga perahu gondola ala Venesia, yang membuat para pengunjung betah berlama-lama berada disini.

Bila ibu dan keluarga senang dengan fotografi, akan merasa dimanjakan bila berada disini karena banyaknya spot-spot yang lucu dan menarik dengan nuansa Eropa untuk foto bersama keluarga.

Selain itu disini ibu dan keluarga juga dapat menyewa kano untuk menyusuri sungai kecil ala Venice, hanya dengan membayar tiket sebesar Rp 40.000,- per orang.

Lalu kegiatan apa yang dapat dilakukan anak-anak disini? Setiap harinya selalu ada kegiatan face painting untuk anak serta adanya wahana games house. Dilengkapi juga dengan taman bermain, Devoyage merupakan tempat wisata yang cocok untuk semua kalangan.

 

FISHING VALLEY BOGOR

Jl. Pemda Raya No. 107 Bogor

(0251) 8658 722 / 0877 8080 8222

Instagram: @fishingvalley

Buka: Setiap hari, 08.00-18.00 WIB

Tiket Masuk: Rp 30.000,-/orang

Fasilitas: Area memancing, fun outbound, kolam renang dan restoran

Fishing Valley Sentul

Fishing Valley Bogor menjadi lokasi liburan yang tepat bila ibu dan keluarga ingin menikmati acara liburan dengan melakukan berbagai kegiatan, seperti memancing, berenang serta aktivitas outbound.

Saat memutuskan berwisata ke Fishing Valley,  anak-anak akan mendapatkan paket lengkap untuk aktivitas anak-anak. Mulai dari berenang, memancing, hingga permainan outbound, seperti flying fox, spider web, shaking bridge dan wall climbing.

Tak hanya itu saat memancing bersama keluarga pengunjung pun dimanjakan dengan pemandangan gunung salak dan lembah yang hijau, serta dipenuhi pepohonan rindang yang mengelilingi area Fishing Valley.

Serunya berwisata kesini, pengunjung dapat menikmati santapan ikan hasil pancingannya sendiri. Seru ya?

 

TAMAN BUDAYA SENTUL

Jl. Siliwangi, Sentul City

(021) 8796 1579

Instagram: @tamanbudaya_id

Buka: Setiap hari, 08.30-17.00 WIB

Tiket: Tidak menggunakan karcis/tiket masuk, melainkan dengan sistem paket (package)

Fasilitas: outbound, camping ground, adventure, culture center dan masih banyak lagi

Taman Budaya Sentul
area outbond

Bila ibu mencari lokasi liburan yang terdapat outdoor activity bersama anak, Taman Budaya Sentul jawabannya. Taman Budaya sentul merupakan salah satu tempat outbound terbesar dengan lapangan hijau yang sangat luas dengan berbagai fasilitas dan daya tarik di dalamnya, diantaranya ada outbound, camping ground, adventure, dan culture center.

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan ibu dan keluarga disini, seperti outbound high ropes, trekking, paintball, dan fun games, sedangkan anak-anak dapat mengasah kreativitas dengan belajar melukis, membatik, dan membuat keramik.

 

 

MUSEUM NASIONAL SEJARAH ALAM

Jl. Juanda No.22-24 Bogor

(0251) 8387 703

Instagram: @munasain

Buka: Senin-Jumat, 08.00-14.00 WIB

Tiket Masuk: Rp 5000,-/anak

Fasilitas: Ruang Pameran, Permainan Tradisional & Ruang Diskusi

museum nasional sejarah alam

Tempat ini bisa menjadi sebuah alternatif yang murah meriah untuk rekreasi bersama keluarga. Museum Nasional Sejarah Alam sebelumnya merupakan Museum Etnobotani.

Berkunjung ke museum ini, anak-anak belajar dan mengenal karakter dan identitas Kota Bogor di masa lalunya yang merupakan Kota Hijau, Kota Sejarah dan Kota Pintar. Selain itu, anak-anak juga dapat mengetahui sejarah geologi, geografis, biogeografi Indonesia, evolusi kehidupan manusia serta evolusi kehidupan biota. Museum ini mempunyai 1.840 spesimen Etnobotani yang akan ditambah dengan spesimen hewan dari zoology dan mikrobiolisme yang bisa dilihat dari mikrooskop.

Selain itu, melalui museum ini juga pengunjung diajak melihat interaksi manusia Indonesia dengan alam dari masa ke masa. Setelah puas berkeliling museum, ibu dan anak-anak juga dapat mengikuti diskusi yang diadakan oleh pikah museum, bermain mainan tradisional, atau belajar membantik yang pastinya menarik dan seru. Oh ya, ruangan pameran Museum sangat luas dan stroller friendly ya ibu.

 

KAMPUNG BUDAYA SINDANG BARANG

Jl. Endang Sumawijaya RT 02/RW 08 Sindang Barang, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari Bogor

0817 406 363

Instagram: @kampungbudayasindangbarang

Buka: Setiap Hari, 09.00-17.00 WIB

Tiket Masuk: Weekday Rp 15.000,- dan Weekend Rp 20.000,-

Fasilitas: Alun-alun, Tracking Area, Rumah Panengen dan Pangiwa, Perpustakaan, Sanggar Seni, Kesenian Sunda, Ruang Diskusi, Pelayanan Kesehatan dan Penginapan.

Belajar budaya di Kampung Budaya Sindang Barang

Ibu tertarik dengan budaya Sunda dan berniat mengajak anak-anak untuk mempelajarinya dengan cara yang menyenangkan?

Kampung Budaya Sindang Barang menjadi pilihan destinasi wisata yang tepat, karena disini anak-anak dapat mempelajari banyak hal mengenai sejarah dan kesenian budaya Sunda.

Dengan luas lahan 8.600 meter persegi, Kampung Budaya Sindang Barang saat ini terdapat 28 bangunan. Dahulu bangunan-bangunan tersebut dihuni dan digunakan oleh pupuhan (kepala adat), panggiwa (pembantu ahli pupuhan), beserta kokolot (para tokoh adat).

Selain memperlajari  tentang budaya Sunda, banyak kegiatan seru yang dapat ibu dan keluarga lakukan disini, misalnya melihat pertunjukkan seni dan atraksi khas Sunda di alun-alun, tracking mengelilingi sawah dan kebun, sampai membaca buku budaya dan seni Sunda serta sejarahnya di perpustakaan.

Supaya liburannya terasa lebih menyenangkan, Ibu dan keluarga juga bisa lho menginap di Kampung Budaya Sindang Barang.

 

SKI TAJUR KATULAMPA

Jl. Raya Katulampa No.6 Katulampa, Bogor.

(0251) 8321 805

Buka: Setiap Hari, 08.00-18.00 WIB

Tiket: Gratis, kecuali wahana tertentu

Fasilitas: Tempat  belanja tas dan sepatu, taman bermain, outbound, kuda tunggang, ATV, paint ball, dan sebagainya.

SKI Tajur Katulampa memiliki kelebihan dibandingkan tempat wisata lain, karena dibuat dengan konsep one-stop recreation. Tempat ini menyediakan pusat belanja tas dan sepatu, serta taman bermain gratis untuk anak yang terdiri dari perosotan, tunnel, ayunan dan sebagainya.

area bermain anak

Bila ingin mencoba wahana permainan kuda tunggang atau aktivitas outbound lainnya seperti flying fox, buggy cart off road and on road, water ball, dan trampoline, ibu hanya perlu membayar sebesar Rp 10.000 – Rp 30.000 setiap permainan.

Setelah puas belanja dan bermain, ibu dan keluarga dapat keliling di area pusat jajanan. Dapatkan berbagai macam kuliner khas Bogor, seperti soto mie, tahu toge dan doclang.

Dijamin SKI Tajur Katulampa menjadi salah satu tujuan wisata keluarga yang lengkap, untuk mengisi waktu liburan.

 

THE JUNGLE

Jl. Dreded Pahlawan Perumahan Bogor Nirwana Residence Bogor

(0251) 8212 666

Instagram: @thejunglebogor

Buka: Setiap Hari, 09.00-17.00 WIB

Tiket: Weekday Rp 85.000,- dan Weekend Rp 100.000,-

Fasilitas: Cinema 4D, Wave Pool, Bird Park, Leisure Pool, Kolam Air Hangat, Kiddy Pool, Racer Slide, Tower Slide, dan sebagainya.

The Jungle waterpark merupakan wahana tematik wisata air pertama dan terlengkap di Indonesia. The Jungle berada di lokasi yang asri dan nyaman, karena terletak di kaki gunung salak.

Waterpark yang sudah berlogo Top Brand sebagai wisata popular ini, memiliki 12 wahana seru dan menantang, yang sangat aman dimainkan oleh seluruh anggota keluarga dengan segala usia. Jadi, ibu tak perlu khawatir bila melihat anak-anak bereksplorasi dengan wahana air yang ada disana.

the jungle waterpark

Bila anak ibu berusia 2 – 5 tahun, coba ajak mereka bermain di area Kiddy Pool yang memiliki kolam besar dan berbagai permainan air seperti lumba-lumba, jungkat jungkit, mini slider, water bucket, water canon, tight rope, serta macam-macam air mancur yang seru.

Selain itu, ibu juga bisa mengajak anak-anak ke area Bird Park yang memungkinkan Anda dan keluarga bermain ditemani kicauan berbagai jenis burung.

 

PERPUSTAKAAN CINTA BACA

Jl. Raya Bogor Baru A2 No. 17 Bogor Utara, Bogor.

(0251) 8354 765

Instagram: @cintabaca_id

Buka: Setiap Hari, 09.00 – 17.00 WIB

Tiket: Gratis untuk anggota. Cara menjadi anggota cukup dengan membayar iuran anggota sebesar Rp 25.000 per tahun.

Fasilitas: Buku bacaan dewasa dan anak-anak dan beragam kegiatan

perpustakaan cinta baca (foto sumber : antara foto)

Banyak cara untuk mengisi waktu liburan, salah satunya ibu dapat membawa anak-anak ke perpustakaan untuk membaca buku bila tak ingin kegiatan liburan yang terlalu menguras tenaga.

Bila kebetulan berada di Bogor, ajak keluarga untuk membaca buku dengan suasana yang nyaman dan seru di Perpustakaan Cinta Baca. Perpustakaan ini merupakan milik organisasi nirlaba Cinta Baca yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat melalui literasi.

Ibu dan keluarga juga bisa membawa buku untuk didonasikan bagi yang membutuhkan. Dengan memilih perpustakaan sebagai destinasi wisata, selain anak-anak bertambah pengetahuannya dengan membaca buku, anak-anak juga belajar berbagi dengan sesama.

 

JUNGLELAND ADVENTURE THEME PARK

Kawasan Sentul Nirwana Jl. Jungleland Boulevard No. 1 Karang Tengah, Babakan Madang Bogor.

(021) 2931 1313

Instagram: @jungleland_indo

Buka: Setiap Hari, 09.00-18.00 WIB

Tiket: Weekday Rp 165.000, Weekend Rp 220.000 dan High Season Rp 250.000,-/orang

Fasilitas: 32 wahana permainan, nursing room, café dan restoran, penyewaan stroller dan kursi rota, mushalla, playground gratis dan sebagainya.

Di Jungleland Adventure Theme Park, pengunjung disuguhi berbagai wahana yang dibagi dalam 5 zona. Selain beragamnya wahana permainan untuk segala golongan usia dengan ragam konsep yang unik. Keunikan lain the Jungleland  dari theme park yang ada dikota lain, Jungleland Bogor menawarkan konsep wisata alam hijau yang membuat pengunjung merasa betah untuk belama-lama disana.

salah satu wahana

Tempat ini cukup kids friendly, karena selain dilengkapi area playground, kios makanan dan minuman serta kios souvenir, juga banyak tempat duduk untuk beristirahat.

Selain itu jika ibu tidak membawa kereta bayi, disini disediakan penyewaan kereta bayi dengan membayar Rp 25.000. Tidak lupa mereka juga menyediakan cukup banyak nursing room dilengkapi AC dan kamar mandi.

Bila ibu ingin melatih sekaligus merangsang kecerdasan otak dan emosi anak, ajak mereka bermain di area Kiddy Land yang terdapat ragam wahana bermain yang asyik dan tentunya dijamin seru.

 

MUSEUM ZOOLOGI

Jl. Ir. H Juanda No.3 Bogor

(0251) 322 226

Buka: Senin-Kamis, 07.30-16.00; Jumat, 07.30-11.30 dan pukul 13.00-16.30;

Sabtu-Minggu dan Hari Libur, 08.00- 17.00

Tiket Masuk: Gratis, masuk melalui Kebun Raya Bogor

Dengan mengunjungi Museum Zoologi, anak-anak akan diperkenalkan berbagai macam spesies hewan dan juga rangka fosil hewan purbakala. Di museum ini juga, pengunjung bisa melihat langsung rangka fosil ikan paus biru yang ditemukan mati terdampar di Pantai Pamengpeuk, Priangan Selatan pada Desember 1916.

Sayangnya ruangan ini minim cahaya sehingga agak gelap dan sedikit pengap, karena tidak memakai pendingin ruangan. Sedikit tips untuk ibu, sebaiknya ajak anak-anak berkunjung pada pagi atau sore hari agar cuaca diluar terasa lebih adem dan sejuk.

Selamat liburan ya Ibu!

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Navigate