Dear Ayah, Terimakasih!

Best thing you could probably do as a father is make sure they see how you love their mother. –unknown

Selama ini kita selalu mengatakan bahwa ikatan hubungan yang paling kuat adalah antara seorang ibu dan anaknya. Bila anak memiliki prestasi dan berkelakuan baik maka yang dipuji adalah ibunya. Berlaku sebaliknya, bila si anak tidak berprestasi, melakukan kesalahan, bahkan berlaku kuran baik maka yang langsung disalahkan tentu saja juga ibunya. Padahal peran dan perilaku ayah dalam keluarga ikut mempengaruhi perilaku si anak. Bahkan terkadang kasih sayang ayah memiliki pengaruh yang lebih besar pada anak daripada kasih sayang ibunya.

Kita sering mendengar istilah baby blues dan pos-partum depression yang terjadi pada ibu, tapi apakah ibu tahu bahwa ayah juga mengalami hal-hal tersebut. Mungkin tidak tepat sama seperti yang kita rasakan sebagai perempuan, namun ayah juga merasakan ‘jetlag’ yang kita rasakan ketika bayi lahir dan tiba-tiba dia harus bertanggungjawab penuh sebagai seorang ayah. Apabila kita terkadang merasa ‘clueless’ akan apa yang harus kita lakukan kepada anak kita, si ayah juga merasakan hal yang sama. Mereka pasti juga menginginkan yang terbaik bagi anak mereka, tapi di sisi lain mereka tidak tahu harus berbuat bagaimana.

“When you first get them … you’re all excited, and you’re ready to do all these things. Then you realize it’s like getting a new cell phone where all the features don’t work yet. It’s like a phone [that] won’t take pictures, and you’re like ‘Why won’t my phone take pictures?!’ And it won’t make calls, and it doesn’t do a lot. But it looks really cute!” – Ashton Kutcher

“I’ve been a parent for three weeks: What do I know? I don’t know anything, but it’s kind of part of the beauty of it. There are a lot of instincts, a lot of things that kind of kick in and switch on. It’s a beautiful experience.” – Adam Levine

Untuk para ayah, menurut saya hal yang paling penting dalam menjadi seorang ayah adalah menunjukkan dan memberi contoh kepada anak-anak bagaimana ayah mencinta dan memperlakukan ibu mereka, serta melakukan semua hal yang ayah lakukan dengan penuh cinta. Karena hal tersebut yang akan menjadi pondasi dari keluarga. Anak-anak perlu melihat dan mengetahui bagaimana ayah dan ibu mereka saling mencintai dan mengerjakan semua hal dengan penuh cinta, agar mereka merasa aman dan nyaman berada di rumah di tengah-tengah keluarga.

Untuk para ayah yang sudah berusaha menjadi ayah terbaik, melakukan semuanya dengan penuh cinta, terimakasih!

 

pic: @dontforgetdads

Leave A Reply

Navigate