Perpustakaan anak di Ibukota

Halo Ibu!

Bagaimana akhir pekannya? Senang ya Ibu apabila kita bisa menghabiskan waktu seharian bersama anak. Apalagi sembari bermain dan beraktivitas kita juga bisa menyisipkan pengetahuan dan pengalaman baru bagi mereka. Salah satunya dengan berkunjung ke perpustakaan untuk menumbuhkan minat baca pada anak-anak. Kali ini HaloIbu ingin merekomendasikan beberapa perpustakaan anak di Jakarta yang dapat dikunjungi bersama keluarga di akhir pekan.

Kinder Playhouse and Library

Perpustakaan ini baru saja dibuka untuk umum di bulan Juli 2017. Perpustakaan ini terdiri dari 2 bagian yaitu playhouse, dan library. Playhouse ini dirancang sebagai thematic indoor playhouse yang dapat memberikan anak-anak untuk belajar sambil bermain serta mengasah kemampuan motorik mereka. Playhouse ini terbagi menjadi beberapa bagian sesuai kategori umur, yaitu: Funky Farm (1,5yo and under), Ocean in Motion (1,5yo +), Wildlife Wonder (2,5yo +), Beach Heat (4yo +), dan Space Adventure (2yo +).

Sedangkan untuk Kinder Library dirancang dengan tema ‘Up, Up, and Away!’. Kinder Library ini menyediakan kurang lebih 1000 buku yang mendukung kurikulum Montessori dari berbagai literature. Selain itu terdapat beragam genre buku, dari nursery rhyme hingga ensiklopedia, yang dapat menambah keragaman informasi pada anak. Namun Ibu tidak perlu khawatir, di perpustakaan ini juga disediakan buku untuk para orangtua yang tentunya berkaitan dengan tumbuh kembang serta kesehatan anak, pendidikan Montessori, dan isu-isu keluarga lainnya. Oh iya, Ibu juga bisa meminjam buku loh di perpustakaan ini hanya dengan mendaftar menjadi member.

Di perpustakaan ini diadakan special event dengan tema-tema yang berbeda setiap bulannya. Selain itu, di setiap minggu juga terdapat aktivitas-aktivitas menarik untuk anak, seperti sensory play, puppet show, story telling, dan movie time.

Bez Plaza 3rd Floor

Jl. Raya Bolsena, Gading Serpong

Tangerang, Indonesia

0819-0121-5151

Jam operasional: 09.30 – 18.00

Tiket masuk:

Senin – Jumat: Rp. 60,000 (Member) dan Rp. 95,000 (Non-Member)

Sabtu: Rp. 95,000 (Member) dan Rp. 125,000 (Non-Member)

 

Pic source: kinderhaven.co.id

 

Perpustakaan Rabbit Hole

Perpustakaan Rabbit Hole didirikan oleh Devi Raissa berawal dari keinginan untuk menumbuhkan minat baca kepada masyarakat luas khususnya anak-anak. Perpustakaan Rabbit Hole tidak terlalu besar dan menjadi bagian dari klinik psikologi dan tumbuh kembang anak, Rainbow Castle. Koleksi buku-bukunya adalah buku-buku pribadi pendirinya dan buku-buku terbitan Rabbit Hole sendiri yang dapat menunjang kebutuhan anak.

Di dalam perpustakaan ini terdapat sebuah blackboard besar yang dapat menjadi media corat-coret bagi anak-anak. Selain itu Ibu juga dapat meminta kakak-kakak di Rabbit Hole untuk membacakan buku kepada anak-anak. Tentunya akan lebih seru bagi anak-anak untuk mendengarkan story telling dari buku yang dipilihnya sendiri kan Ibu! Tapi sayangnya buku-buku di perpustakaan ini tidak bisa dipinjam bebas Ibu, hanya boleh dibaca di tempat dan segera dikembalikan di kotak pengembalian buku yang tersedia setelah selesai dibaca.

Perpustakaan Rabbit Hole

Jl. Bangka Raya No. 53B, Kemang

021-7182316

Jam operasional: 10.00 – 18.00

Tiket masuk: free

Pic source: perpustakaanrabbithole (Instagram)

 

Rimba Baca

Perpustakaan yang terletak di bilangan Cilandak ini cukup besar dan terdiri dari dua lantai. Perpustakaan ini memiliki koleksi buku-buku yang cukup lengkap dan sangat nyaman karena terdapat sofa-sofa kecil, banyak bantal, beraneka ragam boneka bertebaran, dan meja serta kursi-kursi warna warni. Karena selain buku-buku untuk anak yang beragam, perpustakaan ini juga memiliki koleksi buku-buku untuk dewasa. Untuk koleksi buku anak terlentak di lantai satu perpustakaan. Menariknya, di perpustakaan ini buku-buku anak ditempatkan di rak-rak sesuai usia anak, yaitu 0 – 3 tahun, 3 – 6 tahun, dan 6 – 12 tahun. Ibu juga bisa menemukan buku-buku favorit Ibu sewaktu kecil di rak buku anak-anak ini. Seperti  karya-karya Enid Blyton, Laura Ingals, Astrid Lindgren, dan sebagainya. Di lantai satu ini juga terdapat ruang craft yang dapat dipergunakan anak-anak untuk berkreatifitas, menggambar, melukis, dan sebagainya. Dan hasil karya anak-anak bisa dipajang di dinding perpustakaan loh Ibu!

Di lantai dua Ibu bisa menemukan koleksi buku-buku untuk dewasa yang tak kalah lengkap, fiksi dan nonfiksi. Seperti dua perpustakaan yang telah dibahas sebelumnya, koleksi buku-buku di Rimba Baca ini juga didominasi oleh buku-buku impor. Koleksi buku-buku Rimba Baca dapat dipinjam bila kita sudah terdaftar sebagai member, Ibu. Biaya untuk mendaftar menjadi member adalah Rp. 375,000, per tahun dan seterusnya kita dapat meminjam hingga 5 buku setiap minggu. Bila sudah terdaftar menjadi member juga bisa mengikuti acara yang diadakan di Rimba Baca pada akhir minggu dengan gratis, atau dikenakan diskon, seperti acara musical story telling atau art and craft misalnya.

 

Jl. RSPP no. 21B Cilandak, Jakarta Selatan.

021-7664517

Email: rimba.baca@gmail.com

Web: www.rimbabaca.com

Jam opersional: 10.00 – 17.00

Pic source: rimbabaca (Instagram)

Leave A Reply

Navigate