Buku-buku Mempersiapkan Kelahiran

Ilustrasi perempuangimbal – Amanda Mita

Tulisan oleh Irnanur Shahbanu

Di era informasi digital mudah sekali mendapatkan berita-berita akan kehamilan. Informasi-informasi ini pendek dan kurang detail dibandingkan buku. Baiknya saat hamil kita punya referensi buku untuk memantapkan kehamilan dan kelahiran yang dinginkan. Selain menambah pengetahuan tentang kehamilan di tiap semester, membaca juga membuat emosi ibu hamil lebih stabil, karena dapat mengurangi kecemasan akan perubahan tubuh serta hormon di masa kehamilan. Nah, Kali ini haloibu akan membahas pilihan buku apa saja yang bisa dibaca ketika hamil.

Buku tentang kehamilan

  1. What to Expect Before You’re Expecting – Heidi Murkoff & Sharon Mazel                

Buku satu ini cukup famous di kalangan ibu muda yang tengah hamil. Dan sebagian dari mereka menjadikan buku ini sebagai buku saku di masa pregnancy. Buku ini sangat membantu ibu hamil untuk menghadapi segala perubahan baik hormon, bentuk tubuh, bentuk janin dan lain-lain di setiap bulannya. Mulai dari persiapan untuk ibu ketika dinyatakan hamil, diagnosa sebelum kelahiran, gaya hidup ketika hamil, keajaiban 9 bulan, serta bahasan umum yang bisa terjadi setelah melahirkan.

2. Happy Pregnancy (Nana Aditya, S.Si)

Buku Happy pregnancy terbilang baru karena terbit bulan November 2016 lalu. Bukunya nyaman untuk dibawa di dalam tas karena ringan dan tidak terlalu besar. Untuk seorang ibu hamil yang awam, buku happy pregnancy cukup bagus karena penggunaan bahasanya sederhana, mudah dimengerti, namun padat pengetahuan seputar kehamilan. Buku panduan ini berisi Fase awal hamil, perkembangan janin 0-9 bulan, masalah hamil dan cara mengatasinya, tentang ngidam, kehamilan yang sehat, mitos dan fakta tentang kehamilan, Peran calon ayah dan calon ibu, Cuti hamil dan melahirkan, serta persiapan melahirkan, saat melahirkan plus postnatal.

3. The Pregnancy and Baby Book 

Buku ini aslinya berbahasa Inggris. Tapi beruntung diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia agar semua ibu di Indonesia bisa membacanya. Buku tebal ini menjadi kitab bagi kebanyakan ibu selama masa kehamilan dan mempersiapkan persalinan. Dengan buku ini, ibu juga bisa tahu tentang budaya kehamilan dan kelahiran di berbagai penjuru dunia. Menariknya, di buku ini bukan hanya membahas soal kehamilan tapi juga ada tentang berbagi tugas dengan pasangan saat bayi baru lahir, karena pengalaman pertama sebagai ibu pasti ada sedikit rasa cemas dan panik ketika merawat bayi. Dan nggak sedikit ibu yang baru melahirkan mengalami baby blue syndrome. Buku ini juga cukup mengulas perkembangan anak 0-3 tahun, tentang kesehatan anak, cara mengoptimalkan masa tumbuh kembang anak, dan lain sebagainya.

4. Seri Ayahbunda 9 Bulan Yang Menakjubkan

“Baca Buku ini pengaruh banget untuk ibu hamil. Karena mulai dari clueless sampai akhirnya tahu perkembangan janin tiap minggu, do’s & don’t selama hamil, mitos ini itu saat hamil dan faktanya” Cerita Hanna Angela yang tengah hamil anak ke 2

Buku ini sudah beberapa kali revisi agar kontennya sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran. Selain itu mengupas seputar pertumbuhan janin hingga tiba saatnya lahir ke dunia, serta tentang barang – barang perlengkapan bayi yang harus dibeli oleh new parents. Buku keluaran Majalah AyahBunda ini juga dilengkapi gambar yang sangat mudah dipahami.

Buku Hypnobirthing & Gentlebirth

Melahirkan tanpa rasa sakit (Evariny Andriana)

“Buku melahirkan tanpa rasa sakit bikin tertarik ikutan kelas Hypnobirthing waktu itu. Dan ilmu-Ilmunyanya benar-benar terpakai, walaupun tetap ngerasain sakitnya diinduksi, tp bisa melahirkan bayi besar tanpa robekan itu luar biasa banget” Kenang Hanna Angela saat melahirkan anak pertamanya

Hypnobirthing The Conny Method  (Conny Widya Hermina & Agus Wirajaya )

Buku ini pas untuk ibu yang ingin menjalankan persalinan khususnya alami/normal, maupun c-section. Buku yang dituliskan oleh sepasang suami dan istri, Agus & Conny, berisi tentang pengalaman dan informasi bagaimana menjalani kehamilan yang sehat, nyaman dan menyenangkan dengan teknik hypnobirthing.

Mencerdaskan anak sejak dalam kandungan (Evariny Andriana)

Setelah membaca buku ini saya yang waktu itu awam tentang kehamilan di trimester pertama, jadi tahu bahwa berkomunikasi dengan janin bisa berpengaruh terhadap pertumbuhannya dan kecerdasannya. Hampir setiap hari saya cicil untuk baca buku ini, karena membedah secara detail perkembangan janin dalam kandungan, dan kondisi ibu hamil yang umumnya dirasakan.

Gentle hypnobirthing (Lanny Kuswandi)

“Buku ini membuat saya jauh lebih tenang, dan sangat membantu masa-masa menuju kelahiran anak pertama saya” Nanda-working mom dan ibu dari Hakima

Gentle Birth Balance (Yesie Aprilia, S.Si.T., M. Kes.)

Di buku ini diceritakan bagaimana agar bisa menjalani proses persalinan yang minim trauma, proses-proses kelahiran, memahami tentang kontraksi, manajemen nyeri ketika melahirkan, teknik bernapas, hypnobirthing dan meditasi, plus prenatal yoga.

 Buku tentang Yoga

Yoga Ibu Hamil (Tia Pratignyo owner nujuhbulan studio)

Buku ini menjelaskan tentang Teknik peregangan, pernapasan, relaksasi, dan meditasi menghasilkan perasaan yang damai, tenang, serta mengurangi ketegangan selama masa kehamilan. Bukan hanya itu, yoga dengan cara yang baik dapat menciptakan ikatan batin yang kuat antara ibu dan calon bayi, serta memberikan rasa percaya diri saat proses melahirkan. Pemulihan pasca kelahiran juga bisa dijalani dengan baik karena melakukan yoga.

Yoga untuk Kehamilan (Pujiastuti shindu)

Buku ini penulisnya adalah pendiri Yoga Leaf dan sudah berlatih yoga sejak tahun 1996. Saya baru masuk SD, beliau sudah cobra pose. Saya yang buta sekali soal yoga begitu lihat buku ini di Gramedia dan baca tentang penulisnya langsung yakin untuk beli. Dengan menonton DVDnya saja menurut saya instruksinya jelas, gerakan-gerakannya juga diperlihatkan dengan rinci dan mudah diikuti” Tulis Yella Meisha dalam reviewnya

Buku Seputar ASI dan Menyusui

 Catatan AyahASI (@ID_AyahASI)

Nah buku ini bukan hanya untuk ibu hamil ya, untuk calon ayah juga penting baca ini. Buku ini menceritakan pengalaman para founder AyahASI saat mendampingi istri mereka ketika breastfeeding. Cerita tentang suami yang mendukung dan menemani istrinya mulai dari masa kehamilan hingga melahirkan. Di buku ini juga dibahas tentang mitos dan fakta ASI, langkah-langkah menyusui dan lain sebagainya.

 Buku Pintar ASI dan Menyusui (F.B. Monika)

Buku satu ini benar-benar mengukupas tuntas semua tentang ASI. Mulai dari manajememen laktasi, masalah yang biasa muncul ketika menyusui, ASI Perah, nutrisi untuk ibu menyusui, sampai dukungan terhadap ibu menyusui. Buku ini benar-benar membuka wawasan tentang ASI terutama bagi calon ibu.

Multitasking Breastfeeding Mama: Tips & Trik Menyusui  (Nia Umar)

“Informatif, dikemas secara menarik dengan layout yang simpel dan dilengkapi ilustrasi yang manis. Buku ini adalah buku wajib untuk para multitasking mother yang ingin memberikan ASI eksklusif dan kembali beraktifitas. Pas baca buku ini rasanya seperti ikut dalam kelas laktasi, gak heran sih karena buku ini juga buku rekomendasi AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia). Recommended!” Andra Alodita

Buku Tentang merawat anak

Seri AyahBunda Perawatan Bayi Baru Lahir

Banyak ibu yang merekomendasikan buku ini untuk dibaca oleh ibu hamil. Sesuai judulnya buku ini berisikan tips perawatan bayi baru lahir from A to Z. Jadi ibu yang baru melahirkan, nggak langsung pintar mengurus bayi merah kan? jadi ketika hamil tidak ada salahnya mengumpulkan bekal pengetahuan lewat buku ini supaya tidak blind sama sekali.

Buku Anti Panik (Tiga Generasi)

Buku ini sangat membantu para calon orangtua dalam mengasuh bayi. Ketika buku ini terbit, anak saya sudah berusia 2 tahun. Tapi tetap saya baca karena berisi panduan perawatan anak 0-3 tahun. Dan saya pikir kenapa nggak dari dulu aja ada buku seperti ini. Gambarnya menarik dan penjelasannya simple tapi mengena. Biasanya ada mitos-mitos yang akan kita dengar dari generasi yang lebih tua tentang pengasuhan bayi. Nah Buku ini memberikan arahan untuk menyikapi mitos tersebut dengan baik sesuai dengan fakta ilmiah. Buku ini membahas apa yang harus dilakukan ketika misalnya anak demam harus bagaimana, kalau anak tantrum ayah ibu harus berbuat apa.

That’s all, mommies! Itu tadi buku yang kira-kira bisa masuk ke bucketlist nya ibu hamil. Sebenarnya masih banyak buku lain yang bisa dibaca saat hamil. Tapi list di atas adalah yang kebanyakan dipilih oleh calon ibu saat ini. Kalau ada yang mau sharing atau review buku lain, atau mau menambahkan list bukunya, boleh ditambahkan di kolom comment, ya! 😉

Leave A Reply

Navigate