Friendly Mr.Carb

When you become a mother, its like your having a second chance. Got a new ticket. You could choose to be better or repeat the same mistake or routine that you had when your single. Its your choice.

Setelah melahirkan Mahija, saya merasakan sensasi kebahagiaan yang luar biasa dan tanggung jawab yang tak kalah luar biasa secara bersamaan. When she was born I wanted to make sure everything is great and she is well rested, got much love, use the best things in the world. Kalau pernah menonton film tentang global warming pasti ada quote , “ Lets preserve it for our children”. That’s exactly how I feel!

Menjadi Ibu itu saya ingin hidup 1000 tahun lagi untuk Mahija. I want to see her go to school, learning to drive, hug her after her first break up and watching her living the life she wanted. To be healthy is not a choice, its mandatory for me. I want to preserve my existence and share a healthy loving journey.

Pada masa newborn, saat habis melahirkan, badan rasanya lelah sekali. Belum lagi Mahija yang setia pada rutinitas menyusui hampir 10 kali dalam sehari, tak lupa pada malam hari tentunya. Membuat badan saya kehabisan batere . Pada saat Mahija berusia 6 bulan, saya pernah merasa pusing sekali, badan saya panas, I felt really sick, sampai akhirnya dibawa oleh suami ke UGD. Mahija yang masih menyusui, serta saya yang tidak menyetok ASIP, menunggu di ruang tunggu dengan ayahnya. Pada saat itu saya sadar betapa kesehatan merupakan amunisi pertama sebelum bisa menjadi Ibu yang baik.

Tak lupa Kesehatan jiwa juga tentunya. Giving my self love that it needs by having time for my self. Saat memberikan makanan tepat pada tubuh, we   create balance in our system. Choosing the right thing to put in your body is also giving your self love.

Rata-rata kebutuhan orang dewasa adalah 2000 kalori, dan kebutuhan karbohidrat atau carbo 300 gram. Tapi banyak penduduk indonesia yang saat ini tanpa sadar mengkonsumsi banyak karbohidrat. Sebagai contoh pola makan orang indonesia menurut pakar nutrisi , saat ini adalah sebagai berikut:

Sarapan biasanya mengkonsumsi nasi kuning / lontong dengan jumlah karbo120 – 150 gr, Kemudian cemilan pagi seperti biskuit atau gorengan dengan jumlah karbo 60- 80 gr, Makan siang nasi padang dengan jumlah karbo 120 – 150 gr, Cemilan sore seperti martabak jumlah karbo 60-80 gr, Makan malam seperti mie ayam atau mie goreng dengan jumlah karbo 120-150 gr. Jika di total jumlah asupan karbohidrat yang di konsumsi adalah 480-610, melebihi batas normal konsumsi karbo harian yaitu 300 gr. Konsumsi karbo berlebih dapat memicu penyakit diabetes & obesitas.

Jika ingin hidup lebih seimbang kita bisa makan, makanan dengan kadar karbohidrat yang rendah, atau low carb tapi kaya akan protein, lemak sehat, fiber, dengan nutrisi yang sehat.Karbohidrat tak melulu buruk, tapi kita bisa pilih yang baik. We can still eat the Carb, but cut the carb portion . Info lebih lengkapnya disini:  http://www.soyjoy.co.id/soylution/healthy-living/785/cut-carbo–kurangi-asupan-karbohidrat-berlebih-dengan-soyjoy-2-jam-sebelum-makan

low_carb_food_pyramid2

Ini adalah pyramid Low Carb Food.

Saya juga baru tahu, bila ingin mengkonsumsi makanan baiknya memilih makanan yang Glikemik Indeks rendah, skala atau angka yang diberikan pada makanan tertentu, berdasarkan kecepatan makanan dalam meningkatkan kadar gula darah. Seperti sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan buah-buahan.

Saat ini Mahija kami berikan cashew butter organic untuk dimakan dengan roti. Sedangkan suami dan saya sendiri saat ini sarapan dengan bubur oats. Selain Glikemik yang rendah, bubur juga baik untuk pencernaaan dipagi hari, karena puasa yang panjang di malam hari, baiknya perut diisi makanan yang mudah dicerna. Susu kedelai juga jadi pilihan buat kami.

Kedelai yang kaya akan serat dan protein mudah dicerna perlahan oleh tubuh sehingga bisa mengontrol nafsu makan. Pas sekali untuk Ibu dan ayah yang makannya tidak teratur. Konsumsi Soyjoy 2 jam sebelum makan besar dapat mengurangi asupan karbohidrat harian, Karena kandungan kedelai yang kaya serat dan protein membuat kita kenyang lebih lama sehingga nafsu makan terkendali. Penting untuk diketahui, makanan sehat yang dijual di pasaran belum tentu sehat. Bisa saja mengandung mutasi genetik atau buatan. Makanan yang direkayasa tentu bukan yang kita sajikan untuk keluarga. Soyjoy mengandung kedelai non GMO, Non genetically modified organism. Mahija yang lactose intolerant atau alergi susu, aman jika memakan Soyjoy karena gluten free.

Jadi Karbohidrat tak selalu jahat, ada juga yang bersahabat, friendly mr. Carb. Lets do Life changing moments with small things for our family. Little things create major roles, just like the little human were raising.

Ps:

Tidak hanya kita yang ingin hidup sehat, Ringgo juga ingin hidup sehat semenjak menjadi Ayah untuk Bjorka, cek youtube channelnya yah! Pesan Untuk Bjorka.

#SoyjoyCutTheCrab

 

Leave A Reply

Navigate