Menu Andalan si Frittata Brokoli

*disclaimer : Tiap anak punya menu favorit masing-masing. Bayi juga punya cara masing-masing untuk makan..

Makanan ini jadi menu jitu anti tolak buat Mahija sedari bayi. M kebetulan belajar makan pada awalnya mengikuti metode Baby Led Weaning (BLW) , jadi M memulai makan dengan tidak makan bubur bayi atau bubur saring. Sedari 6 bulan, M makan bertekstur dan penuh rasa dan mudah dikunyah. Cara mengukur kelembutan makanan, bila dipencet dengan jari telunjuk dan jempol, makanan langsung hancur.

Makanan yang dimakan beragam, walau harus diakui makannya tidak banyak, karena makan adalah proses belajar dan mengenal aktivitas kebiasaan baru. Bayi yang masih ASI memerlukan makanan pembantu, bukan pengganti ASI. Kalau boleh memberi judul dalam episode ini, Saya akan beri judul “Bayi Versus Makanan, Ibu berlinang”. Hehe. Tidak tahu berapa kali, Saya senang sekali sampai ingin menangis saat Mahija makan banyak, lalu saat Mahija tak mau makan padahal saya sudah memasak dengan penuh passion dan indah, namun apa daya anak menolak, mata pun basah.

Kalau Frittata Brokoli, sampai sekarang Mahija 2 tahun 9 bulan , hanya pernah ditolak 1 kali. Kalau boleh Saya kasih label, ini menu best seller. Sebenarnya Frittata menurut bahasa kerennya adalah telur dadar dengan pelbagai isinya dari sayur hingga daging-dagingan. Cara persiapannya juga mudah. Itu paling penting buat Saya, hehe. Saya biasanya masak di goreng di penggorengan anti lengket , tapi dengan oven ternyata lebih mudah, karena tidak perlu dibalik. Tapi keduanya tidak mengurangi kenikmatan

IMG_5580

Bahan

4 butir telur

2 ½ sdm minyak zaitun atau kelapa

2 sdm Daging sapi cincang

Brokoli secukupnya dicincang

Bawang Bombay secukupnya, iris

2 siung bawang putih, iris

1 siung bawah merah, iris

1 sdt garam himalaya atau garam bali ( garam asli)

1 sdt oregano

1 sdt thyme (optional)

1 ruas jahe potong halus

 

Cara Membuat

 

  1. Tumis Bawang merah, bawang putih, bawang Bombay hingga harum, lalu masukan daging cincang. Campur dan aduk, telur, lalu masukan garam, oregano, tyme dan jahe, lalu bila sudah tercampur, masukan brokoli.
  2. Bila menggunakan penggorengan, gunakan yang anti lengket. Masukan adonan brokoli kedalam penggorengan yang sama dengan daging cincang. Lalu aduk. Jangan lupa dibalik. Bila sudah matang , tunggu dingin untuk disajikan kepada si anak.
  3. Bila menggunakan oven, campur dan aduk daging cincang yang sudah ditumis ke dalam adonan brokoli, masukan ke cetakan . Kebetulan saya menggunakan tutup rantang berbahan non plastic karena tidak memiliki cetakan atau wadah non plastic yang pas buat frittata. Masukan cetakan ke dalam oven selama kurang lebih 10 menit. Saya menggunakan oven listrik tanpa pengaturan suhu.

 

Bila sudah matang, anak bisa diajak memotong frittata seperti pizza, anak jadi berpartisipasi memasak. Hoiya saat mencampur adonan dan memecahkan telur anak juga bisa diajak ikut membantu. Ini untuk anak diatas 2 tahun. Selamat mencoba Ibu, kalau Ibu punya menu andalan enggak?

IMG_5585

Leave A Reply

Navigate