RESEP KUE KERING COKELAT SEDERHANA UNTUK ANAK

Quality time Ayah, Ibu dan Anak

Saat hari raya telah tiba, tamu akan banyak yang datang, tapi kue kering belum tersedia di meja makan. Mau bikin sendiri waktu terasa tidak cukup, mau beli tapi ingin handmade biar terasa cintanya, hehe. Masa mau beli lalu klaim bikinan sendiri?

Saya mulai googling, dan menelpon Ibu Saya, agar dapat bikin kue yang mudah dan anti enggak enak. Berbekal rasa penasaran dan tekad yang kuat, Saya pergi berbelanja bahan-bahan kue. Saya memang minim pengalaman, terbukti gosong satu Loyang, tapi Saya keras kepala. Jadilah kue cokelat anti kemapanan (biar dramatis,hehe).

Pas saat masa liburan, asisten rumah tangga pulang, anak libur sekolah dan suami libur kerja, tapi jalanan tak bersahabat. Mari membuat kegiatan di rumah! Membuat kue sekeluarga membuat kita memiliki waktu sekeluarga dan bonding. Mahija 2 tahun 9 bulan, juga bisa stimulasi sensory dengan menuangkan tepung, mengaduk adonan, serta mengenal bahan-bahan kue. Daya konsentrasi M juga dilatih . Including our child to family chorus made her feel being part of the family, and teaches her the love of creating and cleaning.

Suami saya juga tanpa diduga, juga doyan membantu. Dari mulai mengolah bahan, mengaduk , hingga memanggang, tak lupa menghabiskan sebelum hari raya tiba.

 Bahan-bahan

400 gr            terigu

1 sdt   baking soda

½ sdt  garam

8 sdm unsalted butter (tidak beku)

180 gr gula kelapa (warna cokelat)

1          telur utuh

4 sdm cokelat bubuk

Cara Membuat

  1. Campurkan terigu, baking soda, gula dan garam,
  2. Campurkan butter, gula, 2-4 menit. Tambahkan telur, dan bubuk cokelat. Kembali di aduk. Kami kebetulan tidak memiliki mixer, M , saya dan suami, bergantian mengaduk. Kalau Ibu punya, bisa digunakan,
  3. Lalu adonan terigu dicampurkan sampai adonan agak keras seperti play dough, ini berarti siap dicetak,
  4. Sebelum menaruh kue diatas tray, jangan lupa mengoles tray dengan mentega bukan unsalted butter. Cetak kue sesuai selera. Saya hanya membuat bola bulat dan memencetnya dengan garpu sampai semi gepeng. Lalu menaruh sedikit gula diatas kue.
  5. Panggang kue selama 15-20 menit. Jangan lupa membalik tray kearah yang berbeda, bila panggangan Ibu hanya panggangan listrik, agar kue yang dibagian dalam tidak gosong, yang bagian luar matang. Ini bisa dilakukan di 10 menit.

 

Selamat mencoba Ibu!

Ps: Tag aku yah di social media bila kalian bikin kue sendiri, I want to listen to your story, dan mengintp resep. hihihi

 

Leave A Reply

Navigate