My Breastfeeding Journey : Prepared It Since I’m Pregnant

Memulai dan Menyapih dengan Cinta

ASI booster, husband role, inferted nipples, toungetie, and no milk after 2 days

Buat saya menyusui diawali dengan tidak sulit, air susu sudah kekuar sedari hamil. Saat Mahija Inisiasi Menyusui Dini (IMD) , susu saya langsung keluar, Mahija semangat menyusui. Tapi ini semua tidak serta merta terjadi, banyak persiapan yang saya dan suami lakukan. Benar, suami saya juga ikut serta 150 persen membantu . Menurut Ibu Robin Lim, keberhasilan ASI adalah keberhasilan Ayah. Yang kami persiapkan adalah membaca buku, mendengarkan pengalaman Ibu lain dalam memberi ASI, rajin endorphine massage, kepercayaan diri serta mental dan keras kepala.

My Obstacles / Cons 

  • Unsupportive Mother
  • The “Unfilter Talking” Society
  • My nipples hurt, milk block on my breast
  • The hurting back
  • The Unbreast-sex for 2 years

My Pro

  • Its free, I’m saving more than 2 million per month for milk.
  • The most natural way I know, My child is human, and she should have human milk.
  • ASI air Cinta, it comes from oxytocine and the bonding that I have with my child is beautiful. I have extra 2 years after 9 month
  • The health benefits are beyond what I know. The best source for my baby.
  • ASI adalah usaha kami bertiga, ayah, ibu dan anak, kami semakin romatis karenanya. Bonding skin to skin dengan Mahija membuat kami sangat dekat.
  • Saya tidak perlu bangun malam untuk membuat susu, langsung buka kancing, beres. Hehe.

  

Keras Kepala

Pada saat hamil, saya membaca sejumlah buku dan tulisan mengenai pentingnya ASI, saya juga membaca bahwa perjalanan memberikan ASI tidaklah mudah. Pertama yang saya siapkan adalah kepercayaan diri. Saya membenamkan diri dengan kalimat positif setiap hari pada saat hamil, selain kalimat saya akan bertemu Mahija dengan indah dan damai. Ibarat mau kena guna-guna, inilah mantra-mantra yang saya selalu coba ingat:

Saya harus memberikan anak saya ASI.

ASI saya pasti keluar.

ASI saya sangat baik untuk tumbuh kembang Mahija.

Bila ada yang bilang ASI saya jelek dan tidak cukup untuk Mahija, saya tidak percaya.

Bila ASI saya tidak keluar, saya akan menyiapkan donor ASI, menunggu sampai ASI keluar.

Hehe, walaupun kalimat paling terakhir terkesan pesimis, tapi saya hanya ingin punya plan B. Saya membaca mantra di atas saat bangun tidur, sehabis mandi, saat ngobrol dengan Mahija yang di perut, dan sebelum tidur,

Bukankah jadi Ibu baru perlu banyak mendengarkan pengalaman Ibu lain. Sok pasti. Memilah apa yang di dengar juga penting. Kebetulan Ibu saya menyusui kami semua hingga 2 tahun 4 bulan, sedangkan mertua saya tak sampai 4 bulan menyusui suami saya. Anehnya, Ibu mertua saya yang sangat mendukung ASI, sedangkan Ibu saya sendiri selalu complain dan bilang anak saya tidak cukup berat badannya, dan ASI saya jelek kuaitasnya tidak kental. Ini menyakitkan, anak saya malah dipaksa untuk diberi susu formula. My confident drops.

Lalu saya membaca lagi banyak manfaat ASI, beberapa benefit di bawah ini saya juga rasakan.

Breast milk provides the ideal nutrition for infants. It has a nearly perfect mix of vitamins, protein, and fat — everything your baby needs to grow. And it’s all provided in a form more easily digested than infant formula. Breast milk contains antibodies that help your baby fight off viruses and bacteria. Baby who breastmil also have fewer hospitalizations and trips to the doctor.“ -webmd.com

Ini saya rasakan sekali, Mahija alhamdulilah puji tuhan kepada sang widi, tidak memiliki masalah sulit buang air besar saat 6 bulan pertama sebelum makan solid food.

Maka dari manfaat ASI yang banyak, Saya tepis semua kata-kata negatif dari setiap orang yang bilang ASI saya kualitasnya tidak baik, termasuk Ibu saya sendiri. And I said to my self…..my milk is better than yours, damn right is better than yours…. 

Endorphine massage saat 36 Minggu

Pijat endorphine adalah pijatan maha geli yang membuat enak, hehe Endorphin diproduksi oleh tubuh kita (kelenjar pituitary) yaitu pada saat kita merasa bahagia(tertawat) dan pada saat kita istirahat yang cukup Endorphine mampu menimbulkan perasaan senang dan nyaman hingga membuat seseorang berenergi.

Saat hamil saya dan suami mengikuti kelas hypnobirthing dengan Ibu Lanny Kuswandi, wah ini enak sekali. Suami saya akan berada di belakang saya, posisi kami duduk, dan memijat leher, punggung, hingga dada saya. Ini geli luar biasa. Dengan menstimulasi titik-titik ini, Ibu hamil akan merasa rileks dan bahagia . Biasanya memang pijatan ini akan berujung bermesraan dengan suami. It creates love conection.

Ini dia Caranya

ASI Tidak Langsung keluar

Beberapa teman saya mengalami hal serupa, Air susu yang tidak langsung keluar setelah melahirkan. Windy mengalami hal ini. Salah satu teman saya juga merasakan hal yang serupa, bahkan suster di rumh sakit tidak yakin ASI-nya akan keluar, sampai pulang ke rumah dari rumah sakit, ASI juga belum sepenuhnya keluar. Tapi dengan sepenuh hati Ia yakin ASInya keluar dengan memijat putingnya juga dibantu seuaminya.

Menurut Ibu Robin Lim, air susu Ibu akan keluar sedikit sekali pada hari pertama, dan ingat perut bayi kecil saat baru lahir sekali seperti anggur, nanti pada hari kelima Asi akan keluar deras.

Wawancara Dengan Robin Lim

ASI butuh waktu sampai benar-benar keluar, dan bila kamu yakin, pasti akan keluar. Bear it to your heart.

ASI booster

Nah ini dia, buat saya ASI booster paling hakiki, adalah makanan enak. Minuman manis dan segar membahana di tenggorokan. Hehe.

Waktu masih menyusui banyak sekali yang bilang saya tidak boleh makan pedas, produk susu, msg dan lainnya. Ini ada benar dan tidak. Yang bisa dilakukan adalah mencoba makan, dan menyusuilah, bila anak tidak mengalami reaksi apa-apa dala 1-2 hari kedepan, berarti makanan ini halal di makan.

Cobalah cari makan, minuman atau kegiatan yang membuat bahagia. Bila berpisah dengan anak sejenak dapat menjadi booster, lakukanlah Ibu. Go inside you, dig down, why your not happy? Karena ASI, air oxytocine air kebahagian.

 

Payudara Sakit

Waktu Mahija umur 18 bulan, payudara saya bengkak, lalu saya demam. Saya pikir saya masuk angin. Sudah minum obat, keesokan harinya masih demam dan payudara saya sakit sekali. Lalu saya periksa ke dokter yang juga konsultan laktasi, ternya saya mengalami clogged milk duct. Di Payudara ada merah-merah terasa keras. Ini dikarenakan air susu yang deras tapi tidak tersalurkan. Saya diberi obat oleh dokter dan diajarkan pijatan.

Payudara bengkak, puting perih, puting digigit….ingin rasanya menyapih dan mengganti dengan susu sapi. It just 2 years of your baby life and it will past pretty soon. That little pain is nothing compare to the benefits that you and your baby have. Let me tell you something, Saya sudah tidak menyusui lagi, saya rindu sekali menyusui Mahija, The conection that we have, the eye contact, the touching hands. Nothing cant replace that.

Masalah menyusui

Menyusui memang tak mudah, teman saya Dian, Cerita Dian ,anaknya Afia mengalami lip tie dan toughe tie dan Windy , Cerita Windy ,yang mengalami inferted nipple. Tapi seperti semua yang luar biasa di dunia ini, it takes time to adjust.

Menyapih : A Sweet Surrender

Sejak Mahija umur 18 bulan, saya selalu beritahu pada usia 2 tahun Mahija akan berhenti menyusui karena sudah besar. Setiap malam kita ngobrol dan meyakinkan diri bersama-sama berheni menyusui. Sejujurnya saya sendiri belum rela menyapih. Hehe. It breaks my heart to finish this love affair. Sebelum menyudahi menyusui, saya mantapkan hati dan pikiran. Kenapa saya memustuskan menyusui eksklusif hanya hingga 2 tahun? Karena, sejujurnya Mahija sama sekali tidak suka ASI dari gelas, dan saya rindu tidur malam. Saya merasa cukup dan bahagia menyusui Mahija hingga 2 tahun.

Setelah hati mantap, pikiran damai, maka saatnya memantapkan hati Mahija. Saya selalu beri tahu Mahija kita akan berhenti menyusui pada usia 2 tahun, yah lebih dikit. Mahija tetap kami sayang, tetap akan dipeluk saat tidur dan bisa minum air putih tidak nenen lagi. Sedari 18 bulan kami selalu memberi tahu, Perjalanannya tidak semulus yang saya inginkan. Tepat 2 tahun, saya biasakan Mahija tidur tanpa menyusui. Ada malam-malam yang Mahija marah dan hanya ingin nenen, ada malam dimana Mahija mau tidur sendiri sampai pagi hari, and that day it kinda breaks my heart a little. Hehe. Tapi saya yakinkan lagi diri saya. Tepat 2 tahun 3 bulan Mahija berhenti menyusui. Sama sekali tidak mau nenen. Sudah besar katanya. and were pretty happy with out sweet surrender.

Segitu pengalaman menyusui saya Ibu, kalau kamu gimana? Comment below yah!

4 Comments

  1. halo ibu, anakku 20 bulan, aku uda mulai infoin kalo nanti uda 2 tahun uda gk bole nenen lagi ya. tapi sepertinya dia masih blm mau melepas nenen ,klo tiap di omongin gitu langsung reaksi nya marah. aduh gk kebayang gmana ya nanti nyapih nya? Yang mau saya tanyakan gmana mbak sewaktu minggu2 awal menyapih mahija? karena biasanya anakku klo mau tidur kan harus nenen dl. apakah mahija jg begitu?

    thanks

    • Dear Yenny,

      Dulu aku siapin hati dulu biar siap. Kalau hatiku sudah siap dan rela prosesnya jadi lebih mudah. Mahija ada saatnya marah dan nangis, malam-malam pertam tidak mau, lalu ada 2 malam mau, malam berikutnya tidak. Nenen disubsitusi dengan air putih, botol minum mahija selalu ada disebelah tempat tidur. Kasih pengertian dengan referensi kalau anak sudah besar sudah tidak menyusui lagi. Pasti bisa , semangat yah IBU! Semua proses itu indah pada waktunya .

  2. Saya pun mengalami masalah saat pertama kali menyusui. Rasanya sakit sekali dan ingin cepat-cepat tidak menyusui lagi. Tapi, ko jadinya saya egois ya. Padahal itu hak anak. Akhirnya ya disabar-sabarin dan dikuat-kuatin aja. Alhamdulillah walau anak pertama hanya sampai 8 bulan, tapi rasanya bahagia. Anak kedua ASI ekslusif berhasil, anak ketiga pun berhasil. Alhamdulillah.

    Intinya harus punya sugesti yang baik ketika sedang menyusui. Karena energi yang positif pasti akan menghasilkan ASI yang banyak.

Leave A Reply

Navigate