Ayurveda dan DIY Face Scrub & Mask

Halo Ibu!

Perkenalkan, saya Zia. Sahabatnya Ibunya Mahija, a.k.a Ashtra. We’ve been friends since Uni, dan menarik sekali melihat bagaimana hidup membawa berbagai orang ke jalan kita.

Dulu saya sama Ashtra berada di ‘jalan’ yang jauh berbeda dengan yang sekarang. Dulu Ashtra really into journalistic, while I wanna be diplomat. But life is full of surprised, isn’t it? Kita sempet menjalani hidup masing-masing, dan tiba-tiba sekarang kita balik ke jalan yang sama lagi. Nothing is coincidence, including every person that I met in my life.

Oya, saya belum memperkenalkan lebih jauh siapa saya ya hehe, selain teman kuliahnya Ashtra. Saya seorang Terapis Ayurveda, event organizer (seringnya organizing acara suami yang merupakan seorang Naturopathic & Ayurveda Doctor, as well as Yoga & Bodywork Teacher), dan saya juga suka nulis. Mostly related with health and wellbeing that I share on my Instagram account here.

So in this exciting opportunity, saya dan Ashtra bikin video kolaborasi tentang natural Do it yourself (DYI)  face mask & face scrub! Kenapa natural dan kenapa DYI?

  1. 1. Kulit kita merupakan organ terbesar di tubuh kita. Dan kulit kita bakal menyerap up to 60% of what we put on our skin! That means, if you put nasty dangerous chemical, our body will absorb it, and your poor liver will need to work hard to digest it. Yaks!
  2.  Saya mengerti bahwa jadi seorang Ibu itu bukan sesuatu yang mudah karena keterbatasan waktu, kadang bahkan enggak punya waktu buat diri sendiri. Jadi resep yang saya bikin pun mudah banget, enggak perlu banyak ini-itu, dan cepet banget bikinnya. Siapa bilang seorang Ibu ga boleh punya waktu buat dirinya sendiri?

Ayurveda

Sebelum membuat masker, Saya akan memberikan seikit brief apa tentang apa itu Ayurveda.

Ayurveda adalah ilmu kesehatan yang sudah ada sekitar 5000 tahun. Ayurveda berasal dari kata ‘ayur’ yang artinya kehidupan, dan ‘veda’ artinya ilmu. Ayurveda jadi artinya ilmu untuk melestarikan kehidupan.

Ayurveda melihat kesehatan manusia secara menyeluruh,yaitu kesehatan mental, emosi, dan pikiran, sehingga kesemuanya saling mempengaruhi satu sama lainnya. Oleh karena hal tersebut, Ayurveda menekankan pentingnya mengetahui individualitas/jenis tubuh kita. Karena tubuh si A beda dengan badan si B, maka bentuk pengobatan/diet/treatment lainnya pun berbeda. Hal tersebut di Ayurveda dikenal dengan istilah Dosha, yang terdiri dari Vata, Pitta dan Kapha (you can email vitality@balancelife.id to receive a quiz that can determine your body’s dosha).

Tentang Ayurveda Essential Oil

Di video, saya menggunakan Pitta Balancing Essential Oil yang diformulasikan oleh suami saya,  Kimmana. Formula dari Essensial Oil tadi dikhususkan untuk mengatasi masalah kulit yang diakibatkan oleh ‘excess pitta/heat’, seperti jerawat, eksma, iritasi, gatal-gatal, dsb. Kimmana sengaja memilih pelbagai essential oil yang juga bisa membantu mengatasi masalah penuaan dini, serta membunuh bakteri dan jamur. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, kalau apapun yang kita oleskan ke kulit bisa diserap hingga 60% oleh badan kita, bahan-bahan essential oil yang suami saya formulasikan is all pure natural, dan many of the ingredients are organic as well. Ensuring that the product will treat you not only in the now, but also for in the future time 🙂 If you want to know more about the product, you can visit our website www.balancelife.id

 

Oke, tanpa nunggu lama lagi, berikut resepnya:

Face Scrub:

Mix 1 tspn freshly ground flaxseed with a little warm water to form a light paste. Splash water onto your face and apply a thin layer to your skin and massage in circular movement. Rinse well with cool or warm water.

Face Mask:

Mix 2 tbspn plain yoghurt, 1/3 tspn honey and a pinch of turmeric powder. Spread the mixture evenly over your entire face and neck. Lie down and relax for 10 minutes, taking full deep breaths and making a conscious effort to release any tension you may be holding in your body, especially your jaw, forehead and neck. Rinse with cool water and pat dry.

Flaxseed mengandung omega 3 fatty acids, liganas, dan antioxidants yang bisa membantu mengatasi masalah anti aging seperti kerutan. Disisi lain, Yoghurt dan turmeric/ kunyit membantu untuk mengecilkan pori-pori karena memiliki kualitas ‘astringent’.

Apa sih Astringent?

Ayurveda, system pengobatan yang telah ada lebih dari 3000 taun lamanya, menjelaskan konsep ‘6 Rasa’. Termasuk di dalamnya adalah rasa manis, asin, asem, pahit, pungent/pedas, dan astringent/kesat. Ke-6  rasa ini enggak hanya rasa makanan yang dirasakan oleh indra perasa/lidah, tapi semua ‘rasa’ yang kita sebagai manusia alami. Misalnya, perasaan cinta dikategorikan sebagai rasa manis, sedangkan kebalikannya, putus cinta merupakan pengalaman pahit.

Nah seperti apa rasa astringet/kesat ini? Contoh paling mudah diingat adalah perasaan di lidah yang muncul ketika mengkonsumsi pisang yang belum matang. Rasanya lidah kita berasa kesat, karena pori-porinya mengecil. Itu juga yang kita cari dari kualitas DIY face mask kita, yaitu astringent yang bisa bikin pori-pori di wajah kita mengecil.

Kalau Ibu ingin belajar lebih lanjut  6 Rasa dari Ayurveda yang barusan saya jelaskan secara singkat, bisa email saya di vitality@balancelife.id, biar nanti saya kirim skema/table yang menjelaskan manfaat-manfaat dari ke 6 rasa. Karena pada dasarnya, semua yang ada di alam ini ada manfaatnya untuk kelangsungan hidup kita, termasuk mengkonsumsi dan merasakan ke-6 rasa tersebut. Kita semua perlu ke-6 rasa di hidup kita, dan keseimbangan itu adalah kuncinya. Seperti kalau kita sedang merasakan patah hati dan tiba-tiba kita craving dessert, badan kita secara alamian tau bahwa dia perlu menyeimbangan rasa yang dialami tubuh kita.

Semoga natural beauty tips tadi bisa bermanfaat ya. Sebagai sesama perempuan, we need to support and lift each other up, don’t we? 🙂

Salam

Leave A Reply

Navigate