Si Tujuh B

Si Tujuh B ini merupakan mantra yang bisa Anda gunakan sebagai jurus menguatkan hubungan Anda dengan anak Anda. Ramuan manjur untuk parenting yang damai. Tujuh B ini diantaranya, Bonding right after birth, Breastfeeding, Baby Wearing, Bedding close to Baby, Believe in the language value of your baby’s cry, Beware of baby trainers, and Balance.

Kenapa harus menggunakan si tujuh B ini? Like all the things in the world, shouldn’t parenting also need a tool? Secara alami Ibu dan Ayah memiliki ikatan atau bonding yang kuat dengan anaknya. Lalu bagaimana menjaga hubungan yang alami dan indah ini? Attachment parenting menjawab kegelisahan saya sebagai Ibu baru. Saya yakin setiap Ibu dan Ayah memiliki caranya masing-masing dalam membesarkan anak, semua pilihan pasti baik dan spesial untuk masing-masing orangtua. Saya ingin memaparkan pilihan kami.

Dokter Sears mengungkapkan “Attachment Parenting promotes parenting practices that create strong, healthy emotional bonds between children and their parents. For life. So they can take those bonds with them into their adult lives and share them with their children. And their children can do the same. A life cycle of compassion and connection.”

Ikatan orangtua dan anak yang kuat hingga dewasa. It’s a circle of life. Lingkaran yang membentuk anak dengan orangtuanya dan generasi selanjutnya. Orangtua adalah cermin generasi selanjutnya yang akan tercipta. Saya masih ingat Ibu Robin Lim pernah berkata “To make peace is one baby at a time”.

Menyaksikan Mahija setiap pagi membuka mata dan senyum mungilnya, saya meyakinkan diri ingin menjadi pengasuh utama baginya. Senyum mungil itu sukses membuat saya mengatakan iya pada full time motherhood.

Ibarat asuransi, Ini jurus jitu untuk menjamin ikatan kami..

1. Birth Bonding
Ikatan pada saat melahirkan begitu pentingnya menjadi dasar hubungan orangtua dengan anak. Pada saat Mahija mampir ke dunia pertama kalinya, we make sure were not separated. Mahija pertama kali lahir ke dunia langsung ditangkap oleh ayahnya. Dengan penuh haru, Mahija diletakkan di dada saya dan Ia langusng mencari puting saya. Kami berdua diperkenalkan dengan damai. Saya yang baru menjadi Ibu kurang dari 30 menit, pelan-pelan beradaptasi. Begitu pula bayi. Dalam minggu-minggu pertama ini, menjadi masa kami saling berkenalan. Walau harus diakui intervensi dari orangtua saya maupun Ray menjadi tantangan terbesar. Tapi saya dan Ray memastikan keintiman kami sebagai keluarga baru tidak terganggu. Kami juga meminimalisir kunjungan teman dan keluarga.

“Both members of this biological pair get off to the right start at a time when the infant is most needy and the mother is most ready to nurture”

2. Breastfeeding
Menyusui merupakan cara paling alami memberi makan Anak Anda. Ketika si kecil kelaparan, Ia mengisap dari puting Anda, tubuh Anda pun mengirim sinyal untuk mengeluarkan susu. Tubuh Anda terbukti lebih cerdas dari yang Anda bayangkan. Pada saat menyusui, hormon cinta/ oxytocin dilepaskan tubuh. How can you defeat love?

Bagaiman bila susu Anda tidak keluar atau langsung keluar?

Breastfeeding takes time. Kadang susu baru keluar di hari ke 3 dan ke 5 post-patrum. Perut bayi sangat kecil sekali, seperti buah anggur, Bayi tidak membutuhkan banyak maka susu yang keluar dari ibu pun tidak banyak. Robin Lim dalam wawancaranya dengan haloibu juga mengatakan hal tersebut:

3. Baby Wearing

Apa masih inget si Jarik? Kain batik andalan Ibu kita zaman dahulu, menenteng kita mana saja ke pasar, main ke rumah tetangga maupun ke mall. Saya tidak bisa menggunakan kain ini, maka Mahija saya gendong dengan gendongan atau sling yang tidak perlu di ikat. Bila Ia menangis, maka Mahija akan saya gendong pada saat memasak, menulis di depan laptop maupun berolahraga.

Ternyata menggendong bayi menggunakan kain, merupakan cara pembelajaran bayi yang baik untuk mengenal dunia ini. Ia dekat dengan Ibunya setiap saat. Bahkan pada saat Ibunya sibuk sekalipun. Saat Mahija berumur 0 – 9 bulan dan rewel, saya akan mengetik artikel, sembari Mahija setia berada di punggung saya , tangan saya pun bebas bergerak, pikiran pun terbebas karena saya tahu Ia aman dekat dengan saya. Bahkan sapai saat ini, Mahija masiih digendong bila Ia mulai mengantuk dan capek berjalan jauh.

“Babywearing improves the sensitivity of the parents”.

4. Bedding Close to Baby
Saat Anda tidur bersebelahan dengan bayi, Anda dapat memastikan pada saat si mungil menangis pada malam hari, kurang dari 5 menit Anda langsung menemaninya. Perlu diingat Bayi Newborn juga bernafas mengikuti orang yang tidur bersebelahan dengannya.

Pada saat bulan-bulan pertama Mahija di dunia ini, Ia bangun hingga 3-4 kali tiap malam untuk menyusui atau pun ganti popok. Karena kami hanya bersebelahan jadi setelah menyusui saya bisa langsung kembali tidur menyimpan energi. I also want to make sure, with co-sleeping in the darkest night she knows, I’m always there for her.

5. Belief in The Language Value of Your Baby’s Cry
Apa yang bisa bayi lakukan untuk mengkomunikasikan keingininannya ? menangis. Dengan merespon lembut pada tangisannya bayi akan tahu bahwa Anda memahami apa yang ingin Ia sampaikan. Robin Lim menyampaikan dibukunya, Anak Alami , beberapa arti tangisan bayi yang sehat:

Saya lapar. Saya Lelah. Saya terlalu banyak rangsangan. Saya perlu ganti popok. Saya perlu perubahan pemandangan. Perut saya sakit. Saya tidak nyaman. Saya terlalu panas. Saya terlalu dingin. Saya perlu di peluk. Saya perlu bersendawa.

”Parents gradually learn to trust in their ability to appropriately meet their baby’s needs.”

6. Beware of Baby Trainers
Mempercayakan Bayi anda pada sistem ekstrim dan jadwal yang membuat bayi Anda merengek tidak akan membantu Anda mengenal bayi Anda dengan baik. The best choices for babies are sometime the most unconvinient for parents. Percayalah akan ikatan Anda dengan si Bayi. Your doing just fine!

“These more restrained styles of parenting create a distance between you and your baby and keep you from becoming an expert in your child.”

7. Balance
Happy mother, happy baby. Kenyataan paling indah menajdi Ibu, bahwa bila Anda bahagia bayi Anda akan tersenyum tiap hari. Mom’s we need sleep. We do. Pasangan kita perlu memastikan itu. Bila Anda ingin berteriak membutuhkan bantuan, segera carilah. Your new at this, its ok to be ovewhelmed with it. Kenyataanya menjadi bahagia juga berarti memiliki hubungan yang indah dengan diri Anda, pasangan Anda dan juga elemen-elemen di rumah Anda.

What makes parenting great? Its flexible with what your family needs. 

Leave A Reply

Navigate