Resep Bubur Rempah

Akhir-akhir ini, saya sering menyajikan Bubur untuk menu sarapan kami. Ray yang sedang menjalankan hidup sehat disarankan dokternya, Kimmana Nichols, untuk sarapan bubur di pagi hari. Sebagai chef keluarga, maka pencarian menu dan percobaan di dapur pun dimulai. Hoiya, selain itu penambahan rempah-rempah juga perlu dilakukan, untuk menunjang kebutuhan tubuh. Rempah-rempah ini juga menambah rasa untuk makanan walaupun tidak menggunakan garam dan gula.

Kenapa pada pagi hari disarankan untuk makan bubur? Bubur bertekstur lembut, mudah dikunyah, dan mudah dicerna. Pada saat sarapan, kita akan membatalkan puasa panjang pada saat tidur di malam hari. Perut dalam keadaan kosong. Ingat pada bula puasa? Bagi yang menjalankan, disarankan untuk membatalkan dengan minuman atau makanan kecil terlebih dahulu, bukan makanan besar. Bila perut yang kosong langsung di beri makanan berat, maka pencernaan akan kaget. Perlu diingat, membuat bubur juga tidak mahal, sehat alih-alih berhemat. hehe

Bubur beras, bubur beras merah maupun bubur oat memiliki kadar serat yang tinggi. Menurut penelitian Harvard University, setiap 28 gram bubur wholegrain atau biji-bijian setiap hari dapat mengurangi resiko kematian hingga 5 persen, dan juga kematian dikarenakan sakit jantung hingga 9 persen. Hal ini berlaku untuk satu mangkok bubur beras. Bubur menjadi pilihan lebih sehat dibandingkan roti.

Berikut, cara saya membuat Bubur, semoga suka yah !

Bahan

Nasi Putih Secukupnya (bisa diukur dari penyajian, bila untuk 3 orang, maka takaran nasi bisa di ambil untuk 2 orang, karena nasi akan mengembang)

  • 3 gelas Air hingga nasi terendam
  • 2 ruas Jahe diiris, Jahe berfungsi untuk menghangatkan tubuh dan membakar lemak
  • 1 ruas Kencur, si sahabat lambung
  • 1 sendok teh Lada Hitam , lada hitam membantu membakar lemak
  • 1 sendok teh Kayu Manis, untuk Antioksidan yang tinggi
  • 4 buah Cengkeh, untuk meningkatkan kinerja pencernaan
  • 1 sendok teh bubuk kari

Cara Membuat

  1. Masukan Nasi dan air, hingga Nasi terendam di dalam panci, aduk- aduk hingga mengental.
  2. Masukan semua bahan rempah-rempah , aduk hingga mengental membentuk bubur. Gunakanlah api sedang, dan jangan lupa di aduk terus agar tidak gosong. Bila kurang air dan adonan belum mengental, tambahkanlah air.

Leave A Reply

Navigate