Si Anak Bau Bawang Goreng

Saya masih ingat waktu pertama kali Mahija panas. It broke my heart. Bayi yang ceria, bersemangat, tiba-tiba lemas dan nangis terus. Sebagai Ibu baru tanpa pengalaman, saya sudah pasti panik. I didn’t know what to do. Saya banyak browsing, bagaimana cara membuat bayi tenang. Susui terus, dan jangan langsung diberikan obat. Yang pertama tidak sulit bagi saya. Pada saat itu saya tidak punya suster ataupun asisten rumah tangga khusus menjaga Mahija , jadilah menggendong Mahija yang berumur 4 bulan sembari beraktivitas. Menyusui dilakukan disaat menggendong. Untuk yang kedua butuh keteguhan hati melakukannya. Rasanya tidak enak sekali melihat anak sakit tanpa memberi obat. Saya bercerita dengan beberapa teman yang sudah duluan memiliki anak. Mereka bilang, coba gunakan bawang merah dan minyak telon atau minyak kayu putih lalu di balurkan di badan anak. Maka, langsung saya berlari kedapur untuk mencoba.

Bawang merah diiris-iris, lalu dicampur minyak telon dan minyak kayu putih. Adonan tadi diolesi di dada, leher dan punggung. Setelah dibalur bawang, Ray langsung berkomentar Mahija bau bawang goreng. Hehe. Walau begitu, batuk pilek dan panas sembuh total dalam kurun kurang dari seminggu.

Pasti sulit menahan ajakan dan tuduhan untuk memberi obat. Tapi feeling Ibu selalu benar bukan? Sabar kuncinya. Anak adalah mahluk baru didunia ini pasti Ia butuh waktu untuk menyesuaikan diri . Mengutip Robin Lim: panas itu juga baik untuk tubuh anak karena sistem imunnya sedang bekerja melawan penyakit. Dokter yang pernah saya sambangi ketika bayi sakit juga mengakui virus tidak ada obatnya, obat hanya membantu mengurangi sakit. Tubuh yang dapat melawan virus. Menyusuilah lebih sering.

Hoiya, Mandi air hangat dengan tetesan minyak kayu putih juga membantu mengencerkan hidung mampet. Akhir-akhir ini kami mulai memakai essential oil untuk membantu si bawang. EO thieves dioleskan di telapak kaki. Jadi selama 24 bulan hidupnya, mahija tidak pernah minum obat jika sakit. Karena kami percaya dengan sistem imunnya. Ternyata setelah diperhatikan Mahija 4 bulan seang tumbuh giginya. Wah pantas saja rewel sekali pada saat itu.

Semoga tips diatas membantu yah Ibu . Saya bukan dokter tapi seorang Ibu. Bila anak belum turun panas lebih dari 4 hari, baiknya diperiksa dokter.

Leave A Reply

Navigate